Rabu, 22 Maret 2017

Training Manajemen Keuangan

Posted by Unknown on Rabu, 22 Maret 2017

Training Manajemen Keuangan
Accounting & Finance   




Pengelolaan keuangan perusahaan merupakan fungsi yang vital dalam sebuah perusahaan. Dalam aktifitasnya, fungsi keuangan tidak lepas dari kegiatan administrasi yang mencakup pencatatan dan pelaporan keuangan. Karenanya pengelolaannya membutuhkan karyawan yang kompeten dan dapat dipercaya. Pengelolaan fungsi keuangan yang buruk seringkali membuat perusahaan tidak memiliki dana ketika dibutuhkan. Sehingga perusahaan harus harus mencari pinjaman jangka pendek ke Bank dengan tingkat interest yang tinggi. Ini justru menambah biaya bagi perusahaan. Training ini dimaksudkan untuk membekali karyawan tentang pemahaman pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai standard yang berlaku umum, mengelola proses administasi keluar masuk dana serta perencanan, pengendalian dan pelaporannya.

TUJUAN:
·         Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan perusahaan atau organisasi sehingga dapat merencanakan dan mengendalikan keuangan perusahaan atau organisasi.

MATERI:
MODUL I : FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN DAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

1.      Pengertian dan fungsi manajemen keuangan dalam perusahaan.
2.      Pemahaman aliran uang dalam perusahaan.
3.      Pengertian biaya, sehingga dapat membedakan biaya dan bukan biaya.
4.      Pemahaman terhadap Neraca dan pos-pos neraca.
5.      Pemahaman terhadap laporan Laba Rugi beserta komponennya.
6.      Memahami pembuatan laporan Laba Rugi.
7.      Memahami apakah secara operasional perusahaan laba atau rugi.
8.      Memahami arti dan tujuan membuat analisis laporan keuangan.
9.      Memahami dan dapat menggunakan analisis horizontal, vertikal dan analisis rasio.
10.  Mengetahui cara menyusun laporan perubahan modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana kas.

Modul II : MANAJEMEN MODAL KERJA

·         Memahami dasar-dasar manajemen kas yang meliputi administrasi dan anggaran kas
·         Memahami dasar-dasar manajemen piutang yang meliputi menilai calon debitur, administrasi piutang, analisis umur piutang, hubungan antara umur piutang dengan profitabilitas.
·         Memahami faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memanajemeni persediaan.
·         Mengetahui dasar-dasar perhitungan persediaan optimal dan persediaan pengaman.
·         Memahami arti investasi, arus kas, Nilai Bersih Sekarang, Biaya modal.
·         Memahami teknik menilai investasi dari segi keuangan.

Modul III : PERENCANAAN LABA DAN PENGANGGARAN

1.      Pemahaman arti titik impas serta cara menghitung nilai titik impas (Break Even Point)
2.      Pemahaman terhadap fungsi anggaran dalam perusahaan.
3.      Cara menyusun anggaran perusahaan.
4.      Teknik pengendalian pelaksanaan anggaran.
5.      Teknik penyusunan laporan realisasi anggaran.
6.       
METODE:
·         Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:
1. Presentation
2. Discuss
3. Case Study
4. Evaluation


PESERTA:
·         Peserta yang diharapkan berpartisipasi dalam program ini antara lain:
·         Supervisor dan Manajer dari departemen keuangan
·         Supervisor/ Manajer bagian Legal/hukum
·         Karyawan dari bagian lain yang tertarik untuk mengikuti program ini

Untuk Informasi lengkap mengenai Training silahkan Hubungi :
Telp. (021) 27517741


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar