Training
Manajemen Keuangan
Accounting
& Finance
Pengelolaan keuangan perusahaan merupakan fungsi yang vital dalam sebuah perusahaan. Dalam aktifitasnya, fungsi keuangan tidak lepas dari kegiatan administrasi yang mencakup pencatatan dan pelaporan keuangan. Karenanya pengelolaannya membutuhkan karyawan yang kompeten dan dapat dipercaya. Pengelolaan fungsi keuangan yang buruk seringkali membuat perusahaan tidak memiliki dana ketika dibutuhkan. Sehingga perusahaan harus harus mencari pinjaman jangka pendek ke Bank dengan tingkat interest yang tinggi. Ini justru menambah biaya bagi perusahaan. Training ini dimaksudkan untuk membekali karyawan tentang pemahaman pengelolaan keuangan yang baik dan sesuai standard yang berlaku umum, mengelola proses administasi keluar masuk dana serta perencanan, pengendalian dan pelaporannya.
TUJUAN:
·
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan
mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan perusahaan atau organisasi
sehingga dapat merencanakan dan mengendalikan keuangan perusahaan atau
organisasi.
MATERI:
MODUL I :
FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN DAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
1. Pengertian
dan fungsi manajemen keuangan dalam perusahaan.
2. Pemahaman
aliran uang dalam perusahaan.
3. Pengertian
biaya, sehingga dapat membedakan biaya dan bukan biaya.
4. Pemahaman
terhadap Neraca dan pos-pos neraca.
5. Pemahaman
terhadap laporan Laba Rugi beserta komponennya.
6. Memahami
pembuatan laporan Laba Rugi.
7. Memahami
apakah secara operasional perusahaan laba atau rugi.
8. Memahami
arti dan tujuan membuat analisis laporan keuangan.
9. Memahami dan
dapat menggunakan analisis horizontal, vertikal dan analisis rasio.
10. Mengetahui
cara menyusun laporan perubahan modal kerja, analisis sumber dan penggunaan
dana modal kerja, analisis sumber dan penggunaan dana kas.
Modul II :
MANAJEMEN MODAL KERJA
·
Memahami dasar-dasar manajemen kas yang meliputi administrasi dan
anggaran kas
·
Memahami dasar-dasar manajemen piutang yang meliputi menilai calon
debitur, administrasi piutang, analisis umur piutang, hubungan antara umur
piutang dengan profitabilitas.
·
Memahami faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memanajemeni
persediaan.
·
Mengetahui dasar-dasar perhitungan persediaan optimal dan
persediaan pengaman.
·
Memahami arti investasi, arus kas, Nilai Bersih Sekarang, Biaya
modal.
·
Memahami teknik menilai investasi dari segi keuangan.
Modul III :
PERENCANAAN LABA DAN PENGANGGARAN
1. Pemahaman arti
titik impas serta cara menghitung nilai titik impas (Break Even Point)
2. Pemahaman
terhadap fungsi anggaran dalam perusahaan.
3. Cara
menyusun anggaran perusahaan.
4. Teknik
pengendalian pelaksanaan anggaran.
5. Teknik
penyusunan laporan realisasi anggaran.
6.
METODE:
·
Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara
komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara
aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:
1.
Presentation
2. Discuss
3. Case
Study
4.
Evaluation
PESERTA:
·
Peserta yang diharapkan berpartisipasi dalam program ini antara
lain:
·
Supervisor dan Manajer dari departemen keuangan
·
Supervisor/ Manajer bagian Legal/hukum
·
Karyawan dari bagian lain yang tertarik untuk mengikuti program
ini
Untuk
Informasi lengkap mengenai Training silahkan Hubungi :
Telp.
(021) 27517741
Tidak ada komentar:
Posting Komentar