Rabu, 22 Maret 2017

ANALISIS BEBAN KERJA

Posted by Unknown on Rabu, 22 Maret 2017

ANALISIS BEBAN KERJA

·         Analisis beban kerja atau workload analysis merupakan kajian terhadap seberapa besar volume pekerjaan yang dibebankan pada suatu unit organisasi dalam  menginterpretasikan kebijakan-kebijakan strategis di masa yang akan datang. Beban kerja merupakan sejumlah output atau keluaran yang harus dihasilkan dalam periode waktu tertentu di mana pada umumnya diukur berdasarkan besaran-besaran kuantitatif. Beban kerja untuk tugas-tugas organisasi merupakan besaran-besaran yang terkesan kualitatif, oleh karena itu perlu adanya acuan yang dapat menghitung beban kerja bagi tugas-tugas karyawan berdasarkan prinsip-prinsip organisasi yang efektif dan efisien.

·         Untuk mencapai efektivitas dan efisiensi organisasi dalam berbagai bidang dan sub bidang diperlukan kuantitas dan kualitas pegawai sesuai dengan yang diperlukan.Lebih lanjut, guna menentukan kuantitas pegawai yang menjamin efektivitas dan efisiensi organisasi diperlukan analisis beban kerja di masingmasing unit organisasi.Namun demikian, sampai saat ini perhitungan beban kerja dilakukan tidak dengan memperhatikan sumberdaya yang tersedia atau input. Sehingga sering terjadi ketidakstabilan volume pekerjaan organisasi, yakni menumpuk pada periode tertentu dan tidak tampak pekerjaan pada periode yang lain. Pengukuran beban kerja ini dimaksudkan untuk menghasilkan rekomendasi bagi terwujudnya organisasi yang tepat, sesuai dengan beban tugas yang diemban oleh organisasi tersebut.

TUJUAN PELATIHAN

1.      Memberikan pemahaman tentang pentingnya analisis beban kerja bagi perencanaan SDM perusahaan
2.      Memberikan ketrampilan perhitungan beban kerja masing-masing fungsi atau staff serta melakukan analisis perbaikan dan efisiensi
3.      Memberikan kemampuan untuk merencanakan standarisai pekerjaan, menghitung jumlah pekerja optimal dan beban kerja optimal bagi perusahaan.


MATERI ANALISIS BEBAN KERJA

1.  Ruang lingkup  dan Pengertian analisis beban kerja

1.      Prinsip-prinsip dasar workload analysis
2.      Fungsi dan kegunaan workload analysis
3.      Metode  Analisis beban kerja :
·         Beban kerja per individu / Unit kerja
·         Man Power planning
·         Reenginering Business process
·         Efisiensi
4.      Assesment dan perhitungan beban kerja : metode time study , metode work sampling
5.      Standarisasi  Kerja  (Work standardization)
6.      Latihan-latihan menghitung workload analysis dan jumlah pekerja ideal
7.      Tindak lanjut dan rekomendasi


PESERTA

Untuk semua bagian (Bagian SDM, bagian Produksi, keuangan   dan Seluruh karyawan)

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar