Selasa, 20 Desember 2016

Pentingnya Standar operasional procedure (SOP) bagi perusahaan

Posted by Unknown on Selasa, 20 Desember 2016



Pentingnya Standar operasional procedure (SOP) bagi perusahaan

Keberadaan SOP ( Standard operating Procedure ) sangat penting bagi operasiona perusahaan,dengan SOP kita bisa mengantisipasi berbagai situasi yang mungkin terjadi dalam menjalankan bisnis kita.
SOP akan memberikan  arah bagi staff perusahaan dalam menjalankan pekerjaannya.dengan adanya SOP ini karyawan akan mengetahui lingkup pekerjaanya,dengan kejelasan ruang lingkup ini,maka job description akan jelas  dan tidak tumpang tindih,dengan demikian makan staff perusahaan akan terjaga dengan baik.

Manfaat menerapkan system SOP ( Standar operasional  procedure )

1.         Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan dan menyelesaikan tugasnya.
2.         Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang  pegawai dalam melaksanakan tugas.
3.         Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dalam melaksanakan tugas.
4.         Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada interfensi manajemen,sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari –hari.
5.         Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
6.         Menciptakan ukuran standard kinerja yang akan memberikan pegawai secara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
7.         Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintah dapat berlangsung dalam berbagai situasi .
8.         Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
9.         Memberikan informasi dalam upaya peningkatan  kompetensi pegawai.
10.     Memberikan informasi mengenai beban tugas yang yang dipikul oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.

Tujuan standard operating procedure

1.             Agar petugas pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
2.             Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
3.             Memperjelas alur tugas,wewenang dan tanggung jawab dari petugas pegawai terkait.
4.             Melindungi organisasi unit kerja dan petugas pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
5.             Untuk menghindari kegagalan ,kesalahan,keraguan,duplikasi,dan inefisiensi.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai penerapan standar operating procedure  atau ingin mengikuti public training silahkan hubungi :
Telp. (021) 27517741
HP. 0812 8799 2073



Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Dinamika operasional perusahaan yang terkadang berproses sangat cepat maka keberadaan SOP menjadi keharusan agar pelaksana dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

    BalasHapus