Rabu, 05 April 2017

MANFAAT TRAINING NEED ANALISYS

Posted by Unknown on Rabu, 05 April 2017




TRAINING NEED ANALISYS

Pelaksanaan training adalah suatu kegiatan investasi untuk mewujudkan SDM yang mapan dari segi pemikiran, sikap, dan keterampilan. Namun, upaya peningkatan kompetensi melalui training haruslah tepat sasaran. Artinya, pelaksanaan training harus sesuai dengan kebutuhan SDM yang ada di organisasi atau perusahaan tersebut. Sehingga pelaksanaan training bukan hanya kegiatan yg dijalankan hanya untuk menggugurkan kewajiban ataupun instruksi yang mungkin kurang mendasar.
Dalam hal memfasilitasi pelaksanaan training yang tepat sasaran, maka harus dilakukan sebuah Training Need Analysis (TNA). Dengan demikian, hasil TNA bisa menjadi dasar pelaksanaan training yang sesuai dengan kebutuhan SDM dalam meningkatkan performa. Upaya peningkatan kualitas SDM, bisa setara dengan peningkatan kualitas training yang diselenggarakan. Sedangkan kualitas training ditentukan dari kualitas analisa kebutuhan training. Melaksankan kegiatan TNA yang berkualitas maka harus melihat ruang lingkup pelaksanaan TNA agar berjalan sistematis dan mendapatkan data yang akurat.

Definisi

Training Need Analysis adalah proses analisa yang dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang harus diperbaiki atau ditingkatkan didalam perusahaan agar kinerja karyawan meningkat. Dari kegiatan ini maka dapat menampilkan kesenjangan atau gap antara kinerja yang terjadi dengan kinerja yang diharapkan. Sebagaimana disampaikan sebelumnya bahwa Training adalah salah satu fasilitas untuk pengembangan kompetensi karyawan, maka kesenjangan / gap tersebut bisa hilangkan atau setidaknya dapat diminimalisir. Dari gap dari hasil analisa maka dapat membantu penyelenggara training (HRD atau Diklat) untuk memberikan program training yang tepat sasaran dalam meminimalisir gap kompetensi untuk mewujudkan produktivitas atau kinerja yang diharapkan.

Pelaksanaan kegiatan Training Need Analysis tentunya dilakukan dengan tujuan yang ingin dicapai. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan TNA adalah :
1.       Sebagai informasi bahwa training adalah salah satu upaya peningkatan kompetensi dalam meningkatkan produktivitas kerja.
2.       Sebagai data penetuan peserta training yang benar – benar tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
3.       Sebagai dasar dalam menyusun materi / silabus training, sehingga materi yang disampaikan berdampak pada peningkatan kompetensi yang benar – benar dibutuhkan.
4.       Mengidentifikasi bahwa jenis pelatihan dan metode yang dipilih sesuai dengan tema atau materi pelatihan
5.       memastikan bahwa penurunan kinerja atau pun masalah yang ada adalah disebabkan karena kurangnya pengetahuan, ketrampilan dan sikap-sikap kerja; bukan oleh alasan-alasan lain yang tidak bisa diselesaikan melalui pelatihan.
6.       Sebagai dasar penyusunan anggaran training.

Untuk Informasi Training Need Analisys Silahkan Hubungi :
HP : 0812 8799 2073
Telp. (021) 27517741


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar